Thursday, March 17, 2016

BATIK TULIS jadul (1)

Batik berikut merupakan peninggalan jalur keluarga. Kisaran rentang usia antara 40-50 tahun. Berkategori batik tulis dan cap. Secara temurun kisah. koleksi batik ini di pesan khusus di jawa melalui jalur keluarga untuk kebutuhan sandang keluarga di Lombok. Kebanyakan alur Semarang dan Madura. Proses finishing order kadang memakan waktu hampir 6 bulan. Biasanya dilakukan dengan cara inden lebih dulu.
Untuk lebih mudah identifikasi akan dijabarkan pengantar detil-nya. Sekalipun sebagian julukan motif khusus mungkin tidak terpenuhi. Mengingat terlalu banyak pakem dan gaya yang berkembang pada istilah batik.  


sampel 1....,

Nama batik        : Jawa Hokkokai
Jenis kategori    : Kain Panjang perempuan.             

Dimensi             : 244 X 110 cm
Warna dominan : hijau toska
Warna variasi    : kuning - hijau muda - ultra marine - biru muda - oranye - warna dasar putih

Sisi minus          : terdapat sobekan dengan benahan jahitan tangan.
Sesi potret         :  outdoor - pagi hari

Corak ornamen  : Bunga
Bahan                : Katun / cotton


Deskripsi

Batik tulis hijau toska dengan paduan kuning & hijau muda. Ornamen perrnik multi sekar. Agak mirip dengan batik pagi sore... hanya back  ground utama kosong. Hampa. Dari rujuk data kemungkinan mengarah pada pada varian batik tulis Jawa Hokkokai. Namun pakem masih standar khas Cina... belum terdapat motif unsur akulturasi Jawa. Tidak seperti motif pagi-sore (contoh lain) yang background dipenuhi serat kawung dan parang. Pernik ornamen yang penuh tampil totalitas adalah bunga. Sangat detil pada isian kelopak bunga-nya. (isen-isen) sangat atraktif dan warna rancak. Garis dan titik (politelism) menunjukkan aksen detil dan kuat. Tidak saja pada bunga tapi juga pada alur tangkai bunga. Lis pinggir pembatas pinggir ditandai dengan format miniatur segitiga.

Terdapat dua rupa bunga. bervariasi antara kuncup dan mekar. Helai kelopak dan daun motif gerigi dan kelopak tipe gelombang. dipadu variasi bunga-bunga kecil. Anggun seolah mengejar bentuk realitas bunga yang sebenarnya. Estetika dan keindahan lebih banyak ditonjolkan. Minimalisnya justru pada luas-nya warna latar hijau toska tanpa imbuh pernik ragam hias. Agak mengarah pada ciri pakem unsur pengaruh cina dan eropa. Atau malah jepang seperti penamaan hokkokai. Sebagai inisial lembaga propaganda kepentingan bangsa jepang dalam upaya tahap kolonial masa lalu. Batik hokkokai disebutkan sebagai spesial order bagi warga pribumi yang dianggap berjasa dalam mendukung kinerja propaganda eksistensi pemerintahan heiho.
Asumsi berikutnya bisa jadi pakem ini memang begitu. Latar hijau toska yang hampa merupakan pesan tersirat bahwa tidak perlu ada ornamen pendamping lain. Bandingkan dengan ornamen khas batik gaya pekalongan. Selain mengadopsi corak dan gaya tapi menanamkan versi budaya khas pakem leluhur. Entah itu motif kawung ataupun Parang. 


Kondisi pencahayaan normal... tampilan batik apa-adanya. warna terlihat kusam.
Intensitas pencahayaan tidak di up-grade 





intensitas kontras warna sedikit diolah untuk pertegas beda nuansa warna


warna bunga putih memanfaatkan warna dasar kain mori putih. Tapi cenderung kian memudar... sedikit berubah warna Beige, wajar karena proses aging.



detail background latar pada kolom sisi pinggir terlihat lebih detil dengan pola multi titik dan gambar vegetasi/ tanaman tipe mikro. Ornamen ikonik sebagai pemanis variasi isian latar.  NOTE : pada foto ini bukan menunjukkan warna sebenarnya.. karena kontras tingkatkan intesitasnya demi memperoleh detil motif. Oranye menjadi Merah... Hijau Muda berubah jadi Toska. Kuning menjadi agak coklat.

detil zooming ini sengaja untuk memperlihatkan bahwa batik ini tipe Batik tulis aseli. Pada tampilan Lis/LINE pinggir terlihat pola yang tidak rata bentuknya. Dan ada ketelodoran dari pengrajin batik yang kadang mengalami kesalahan. tapi ini justru dianggap manusiawi untuk kategori batik versi hand-made/garapan tangan/bukan printing/bukan tcap. Faktor jenuh dan kurang awas bisa dianggap sebagai resiko biasa. Tidak fatal karena tidak pengaruhi tampilan gambar utama. 


kondisi terlipat.


No comments:

Post a Comment